Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat di Hidung Dalam Waktu Singkat

7 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat di Hidung Dalam Waktu Singkat

Jerawat yang tumbuh di hidung memang menyebalkan. Biasanya, jerawat ini timbul karena sel-sel kulit mati yang terperangkap di dalam pori-pori dan bisa juga karena bakteri P. Acnes, yang masuk dan menyumbat pori-pori. Jerawat di hidung juga biasanya muncul pada pemilik jenis kulit berminyak, termasuk timbul komedo di hidung. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat di hidung dalam waktu singkat. Cek berikut ini, yuk.

1. Lakukan Eksfoliasi Secara Rutin

Eksfoliasi sangat membantu untuk proses regenerasi kulit. Nah, ketika jerawat timbul di hidung, Anda bisa memilih bahan eksfoliasi yang lebih ringan, seperti AHA, yang bisa membersihkan jerawat hidung dengan cara melemahkannya. Gunakan dua kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Pakai Skincare Berbahan Retinol

Penggunaan skincare berbahan retinol juga bisa membantu mengatasi jerawat di hidung. Retinol dapat mempercepat pergantian sel kulit, membantu untuk mengembalikan siklus kulit sehat, dan mengurangi jumlah kulit mati di permukaan. Rekomendasi skincare retinol lokal yang bisa Anda coba adalah Somethinc Level 1% Retinol.

3. Kompres dengan Air Hangat

Cara mengatasi jerawat di hidung untuk meredakan rasa nyeri yang bisa Anda lakukan adalah dengan kompres air hangat. Anda bisa memakai kapas, kain, atau handuk bersih yang telah dibasahi dengan air hangat. Lalu, kompres pada hidung selama 15-20 menit sebanyak 3 kali sehari.

Baca Juga:  Inilah Obat Diet Alami Tradisional yang Terpercaya

4. Berhenti Menyentuh Hidung

Kebiasaan menyentuh hidung memang sering membuat timbul komedo dan jerawat. Apalagi, bila tangan kita tidak benar-benar bersih. Saat jerawat muncul, Anda harus menahan diri dan berhenti menyentuh hidung, termasuk kebiasaan mengupil terlalu dalam.

5. Jangan Memencet Jerawat!

Hindari juga memencet jerawat yang tumbuh di hidung karena justru bisa menginfeksi jerawat tersebut dan merusak lapisan kulit. Anda bisa mengatasinya dengan meamkai obat atau salep jerawat oles yang mengandung asam salisilat.

6. Hindari Sinar Matahari Secara Langsung

Pastikan Anda terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung karena bisa membuat jerawat semakin parah. Anda bisa melindungi kulit dengan tabir surya, tetapi pilih produk yang berlabel non-comedogenic dan non-acnegenic, ya.

7. Rutin Membersihkan Wajah

Saat wajah berjerawat, Anda tetap perlu rutin membersihkan wajah. Pastikan Anda memakai sabun wajah yang ringan agar wajah benar-benar bersih. Lalu, keringkan wajah dengan handuk bersih atau tisu agar tidak ada sabun cuci muka yang tertinggal di wajah.