Jangan Sembarangan Pakai Bahan-Bahan Ini di Wajah Anda!

Jangan Sembarangan Pakai Bahan-Bahan Ini di Wajah Anda!

 

Banyak tips cantik alami beredar di luar sana yang mengajak Anda memakai bahan-bahan dari dapur/rumah sendiri sebagai skincare. Namun hati-hati, tidak semua bahan alami aman dan boleh dipakai langsung di kulit. Agar tidak salah langkah, simak 5 bahan alami yang sebaiknya tidak Anda gunakan di wajah.

1. Putih Telur

Anda mungkin pernah membaca bahwa memakai putih telur mentah sebagai masker bisa mengencangkan wajah dan merapatkan pori-pori. Faktanya, wajah terasa kencang karena cairan putih telur yang mengeras dan sensasinya akan hilang.

Fakta kedua, telur mentah bisa mengandung bakteri salmonella. Memakainya di wajah dekat dengan mulut, bisa berisiko masuk ke mulut dan kamu terkena gangguan pencernaan. Selain itu, bila kamu ada luka terbuka (sayatan/bekas jerawat) kontak dengan telur mentah bisa menyebabkan infeksi.

2. Perasan Air Lemon/Jeruk Nipis

Memang, vitamin C kaya antioksidan dan sering Anda temukan kandungan ini di dalam skincare, tetapi bukan berarti air perasan lemon dan jeruk nipis bisa langsung dipakai di wajah. Kandungan asam (acidic) di dalam air lemon terlalu tinggi dan bisa menyebabkan iritasi di kulitmu. Reaksi setiap orang berbeda, dari yang terasa perih, kering, mengelupas, bahkan terbakar.

Diktuip dari Healthline, air lemon/jeruk nipis di atas kulit yang terpapar sinar matahari juga bisa menyebabkan peradangan yang disebut Phytophotodermatitis, ini bisa menimbulkan kemerahan, bengkak, bahkan luka. Maka, gunakan ekstrak lemon atau Vitamin C di dalam skincare saja ya, yang sudah diformulasikan agar aman untuk kulit.

Baca Juga:  Mencerahkan Bibir Hitam dan Tampil Cantik Tanpa Makeup

3. Kayu Manis

Sempat viral beberapa tahun silam, seorang beauty vlogger asal Prancis mempopulerkan masker madu dan kayu manis yang diklaim bisa menyembuhkan jerawat. Namun, beberapa follower mengatakan wajahnya bereaksi setelah memakai masker tersebut.

Dikutip dari Buzzfeed, menurut National Institute of Health, memakai kayu manis langsung di atas kulit bisa menyebabkan iritasi kulit dan reaksi alergi.

4. Cuka Apel (Apple Cider Vinegar)

Dikutip dari Byrdie, cuka yang terbuat dari apel ini memiliki kadar asam yang tinggi dan mengandung berbagai jenis asam seperti acetic acid dan malic acid, maka bisa punya fungsi eksfoliasi pada kulit.

Namun, tidak semua jenis kulit siap dan sanggup dipakaikan cuka apel (sebagai toner misalnya) sehingga bisa menyebabkan iritasi, sensasi kulit yang terbakar, dan mengeringkan kulit. Jangan lupakan juga kandungan lain yang terkandung di dalam cuka apel Anda, yang bisa juga menyebabkan iritasi pada kulit. Bila ingin memakai cuka apel, Anda disarankan melakukan patch test untuk mengetes reaksi kulit Anda. Anda pun tidak disarankan langsung memakai cuka apel, tetapi sebaiknya dilarutkan dengan air, dan konsultasikan kepada dokter kulit Anda.

5. Mani/Semen

Sempat ada mitos beredar bahwa air mani/semen bisa digunakan di wajah dan bisa mengobati jerawat, menghasilkan wajah yang mulus dan glowing. Apakah Anda pernah mendengarnya?

Ewww… Ya! Saya juga memikirkan hal yang sama. Dikutip dari Helathline, Yoram Harth seorang dermatologis mengatakan bahwa, “dilihat dari kandungannya, tidak ada manfaat penyembuhan jerawat yang bisa Anda dapatkan dengan pemakaian mani di kulit wajah.” Anda pun bisa berisiko terkena alergi dan bahkan terpapar pada penyakit menular seksual.

Baca Juga:  Dapatkan Tampilan Kecantikan TOM FORD