Meningkatkan Faktor Fisik untuk Menghindari Dampak Buruk Pada Kesehatan

Meningkatkan Faktor Fisik untuk Menghindari Dampak Buruk Pada Kesehatan

Faktor fisik yang membahas rentangnya dampak buruk pada kesehatan, yaitu periode waktu selama hidup seseorang yang umumnya sehat dan bebas dari penyakit, meliputi kekuatan, keseimbangan, kelenturan, dan daya tahan Semua faktor yang sama ini berkontribusi pada ketahanan fisik tubuh Anda dan secara umum, mobilitas Anda.Mempertahankan mobilitas Anda sangat penting untuk semua fungsi tubuh dan sangat penting dalam menghindari penyakit kronis

Faktor fisik yang menangani rentang kesehatan meliputi:

Kekuatan

Pentingnya latihan kekuatan tidak dapat dilebihlebihkan dalam membantu tubuh Anda mencegah penyakit kronis dan penyakit sambil mempertahankan ketahanan dan mobilitas. Program latihan kekuatan dengan dosis yang tepat sangat penting untuk menghindari penyakit kronis seperti diabetes, osteoporosis, dan osteopenia. Ini memberikan efek positif pada sistem otot dan kardiovaskular Anda yang dapat mengurangi risiko demensia dan penyakit Alzheimer. Latihan kekuatan juga memainkan peran penting dalam pengaturan hormon yang tepat sepanjang hidup Anda yang dapat mempengaruhi hampir setiap proses yang terjadi dalam tubuh.

Prinsip panduan untuk latihan kekuatan adalah Prinsip Overload Latihan resistensi atau kekuatan biasanya digunakan untuk menghasilkan kelebihan sistem tubuh. Contohnya adalah semua jenis latihan mendorong atau menarik yang memberikan gaya pada otot, yang menyebabkannya bekerja lebih keras daripada biasanya.

Kunci dari semua pelatihan adalah bahwa sistem harus dibebani dengan benar untuk menghasilkan efek yang diinginkan. Terlalu sedikit, dan Anda tidak akan menerima manfaat positif. Terlalu banyak, dan Anda berisiko cedera. Prinsip kelebihan beban harus memandu semua rutinitas latihan jika ingin benarbenar berhasil dan mendapat manfaat dari program tersebut. Prinsip kelebihan beban harus mencakup model linier progresif untuk menambahkan resistensi untuk memastikan stimulasi berkelanjutan dari sistem tubuh dan untuk menghindari cedera atau manfaat yang tinggi.

Baca Juga:  Jadikan Olahraga Sebagai Resep Anda untuk Hidup Sehat

Meskipun setiap bentuk latihan resistif dengan dosis/resep yang tepat akan bermanfaat, latihan yang paling efektif mengaktifkan kelompok otot besar dan/atau memuat sistem kerangka. Contohnya termasuk squat, lunge, dan dead lift.

Keseimbangan

Keseimbangan dipengaruhi oleh banyak sistem tubuh. Seperti otot, keseimbangan dapat digunakan atau kehilangan proposisi dan oleh karena itu, harus menjadi bagian dari program rencana kesehatan apa pun. Meningkatkan keseimbangan Anda sangat penting untuk menghindari jatuh seiring bertambahnya usia. Jatuh terus menjadi penyebab utama cedera dan kelemahan pada populasi yang lebih tua.

Rutinitas keseimbangan harian yang cepat dapat sangat mengurangi risiko Anda jatuh. Satu keterampilan keseimbangan yang sederhana, namun penting, untuk dipertahankan adalah berdiri dengan satu kaki. Saya sarankan melakukan ini di dekat wastafel untuk memastikan keamanan.

Fleksibilitas

Program rentang gerak (ROM) atau fleksibilitas harus mencakup banyak komponen termasuk latihan mobilitas ringan serta peregangan statis atau dinamis untuk memastikan mobilitas tubuh yang tepat. Peregangan idealnya dilakukan 1015 menit pada waktu lima hari per minggu. Waktu yang tepat untuk mengerjakan program fleksibilitas adalah setelah berolahraga. Peregangan statis adalah metode yang sangat baik untuk mempertahankan fleksibilitas, dan sangat ideal untuk dilakukan selama pendinginan.

Tai Chi adalah bentuk latihan yang sangat baik yang secara positif mempengaruhi fleksibilitas, kekuatan, dan stabilitas Anda sambil merangsang sistem somatosensori. Yoga, seperti Tai Chi, juga membahas banyak bidang yang sama ini.

Baca Juga:  5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tulang Anda

Daya Tahan

Penelitian tentang efektivitas pelatihan intensitas tinggi (HIT) terus berkembang. Yang lebih mengesankan adalah temuan bahwa HIT dapat dilakukan dengan aman pada usia berapa pun dan dengan hampir semua kondisi medis. Sekarang bahkan diterapkan di banyak Program Rehabilitasi Kardiopulmoner progresif, di mana orangorang pulih dari semua jenis gangguan jantung dan paruparu seperti COPD, serangan jantung, dan penggantian katup jantung.

Lakukan aktivitas kardio Anda dalam waktu singkat (berkisar antara 3060 detik setiap kali) diikuti dengan pemulihan satu hingga dua menit. Durasi 3060 detik harus dalam intensitas tinggi, artinya tingkat pengerahan tenaga (RPE) Anda tinggi. Anda harus bernapas berat.

Akomodasi dapat dibuat untuk hampir semua jenis kondisi medis. Misalnya, HIT dapat dilakukan saat menggunakan sepeda stasioner, sepeda khusus tubuh bagian atas, mesin dayung, atau di kolam renang. Anda juga bisa berjalan menanjak dengan langkah cepat, lalu berhenti dan istirahat. Intinya adalah untuk meningkatkan detak jantung Anda, dan kemudian menurunkannya kembali untuk pemulihan penuh sebelum mengulanginya.

Latihan sebagai konsep obat perlu dianut oleh konsumen perawatan kesehatan dan praktisi kesehatan. Satusatunya cara untuk benarbenar memengaruhi rentang kesehatan dan usia Anda adalah dengan bertanggung jawab atas tubuh Anda sendiri. Kunci untuk setiap program umur panjang atau penuaan yang sehat adalah tetap terlibat dalam semua aspek kehidupan Anda (termasuk kesehatan fisik, mental, dan emosional Anda).

Baca Juga:  Mengatasi Penyebab Sakit Kepala yang Umum Terjadi