5 Tanda Peringatan Kanker yang Paling Sering Diabaikan

5 Tanda Peringatan Kanker yang Paling Sering Diabaikan

Ketika Anda memikirkan kanker, kemungkinan gejala pertama yang muncul di benak Anda adalah benjolan yang mencurigakan dan lesi kulit yang tumbuh. Ini adalah tanda pertumbuhan kanker yang paling terkenal, tetapi itu bukan satu-satunya peringatan Anda. Perhatikan jika tubuh Anda sedang tidak enak badan. Banyak gejala awal kanker juga bisa disebabkan oleh masalah lain dan mudah untuk diabaikan, tetapi jangan diabaikan. Beberapa gejala yang sering diabaikan ternyata bisa membantu Anda terkena kanker lebih dini! Buat janji dengan dokter Anda jika Anda memiliki masalah dengan salah satu dari lima tanda peringatan kanker yang sering diabaikan ini:

Kelelahan

Terkadang lelah adalah hal yang wajar, terutama jika Anda memiliki jadwal yang padat atau tidak cukup tidur. Kelelahan berkepanjangan yang tidak dapat diperbaiki dengan tidur yang cukup, bagaimanapun, adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah. Kanker adalah penggandaan sel yang bermutasi di luar kendali, dan dibutuhkan jumlah nutrisi dan energi yang tidak biasa untuk mendorong pertumbuhannya. Ketika sel-sel kanker menguras sumber daya tubuh Anda, itu dapat membuat Anda menurunkan stamina dan kekurangan energi kronis. Tentu saja, kanker bukan satu-satunya penyebab kelelahan; Anda mungkin malah menderita depresi, masalah metabolisme, atau masalah lainnya. Bagaimanapun, bicarakan dengan dokter untuk membantu Anda kembali ke diri normal Anda!

Sakit dan Nyeri

Sampai batas tertentu, mengalami sakit dan nyeri tubuh adalah bagian yang diharapkan dari bertambahnya usia. Cedera sebelumnya dan tidur dalam posisi canggung dapat dengan mudah membuat Anda sakit. Anda harus menyelidiki lebih lanjut, bagaimanapun, ketika rasa sakit tidak khas untuk Anda dan tidak hilang. Rasa sakit yang terus-menerus di satu bagian tubuh Anda tanpa alasan yang jelas perlu dikhawatirkan. Rasa sakit adalah cara tubuh Anda memperingatkan Anda tentang masalah kesehatan, seperti lampu “mesin periksa” yang setara dengan manusia. Kadang-kadang bahkan dapat memperingatkan Anda tentang pertumbuhan kanker sebelum mereka memiliki kesempatan untuk menyebar.

Penurunan Berat Badan atau Kesulitan Makan

Sel kanker menekan ke organ internal Anda dan mengganggu fungsinya. Meskipun Anda mungkin tidak menganggapnya sebagai gejala kanker, masalah dengan sistem pencernaan Anda atau penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan adalah tanda peringatan potensial. Kurang nafsu makan, penurunan berat badan secara tiba-tiba, nyeri selama/setelah makan, atau kesulitan menelan berarti Anda harus menemui dokter.

Pendarahan yang Tidak Biasa

Pendarahan yang tidak biasa berarti ada sesuatu yang salah. Beberapa kanker menyebabkan kerusakan internal dan pendarahan, dan mungkin muncul sebagai darah dalam limbah atau urin Anda. Pendarahan yang tidak dapat dijelaskan dari alat kelamin Anda, pembengkakan parah, atau batuk darah juga merupakan tanda-tanda kerusakan.